Youtube Premium merupakan platform terbaru dari Youtube yang baru rilis pada tahun 2018 lalu. Pada awal kemunculannya platform ini bernama Youtube Red, namun untuk lebih menyesuaikan dengan konsep yang berbayar, maka diubahlah namanya menjadi Youtube Premium.


Dalam perspektif ini, memang terdapat beberapa keuntungan menggunakan Youtube Premium utamanya bagi para Youtuber yang di antaranya iklan lebih lengkap. Sehingga potensi mendapatkan penghasilan dari iklan sangat besar. Youtuber juga bisa bermimpi menjadi sukses hanya lewat konten.

Baca Juga : 

Walaupun demikian ternyata ada kerugian ketika menggunakan Youtube Premium yang tidak bisa dikesampingkan. Nah, keuntungan dan kerugian inilah yang akan dijelaskan di bawah ini. Jadi silakan disimak saja, ini ulasannya:

Keuntungan Youtube Premium

Youtube Premium tetap platform yang paling direkomendasikan daripada menggunakan platform Youtube yang gratisan. Ini tak lain akibat adanya keuntungan di dalam platform yang tak jarang menjadi syarat Youtuber bakal mendapatkan pundi-pundi rupiah dan dollar hanya dengan membuat konten video. Ini dia keuntungan yang dimaksud:

1. Tidak Ada Iklan Mengganggu Play List

Terkadang orang malas melihat konten Youtube karena adanya iklan yang mengganggu video. Nah, jika menggunakan Youtube Premium, gangguan iklan tidak akan ada lagi sehingga playlist bersih dan aman. Viewer juga bisa leluasa menonton video maupun mendengarkan musik.

Tentunya hal ini tidak akan ditemukan jika menggunakan Youtube Free. Iklan tetap saja masuk ke dalamnya. Terkadang penonton langsung mematikan video tersebut sekalipun konten yang ditonton cukup menarik. Ini yang membuat para Youtuber terkadang banyak ditinggalkan oleh penontonnya.

2. Mendapatkan Tontonan Youtube Original

Jika menggunakan Youtube Premium Youtuber akan merasakan sensasi menonton video Youtube yang asli yang tidak akan ditemukan di situs streaming video yang lain. Tak hanya itu, pengguna Youtube Free sekalipun tidak akan bisa menonton video tersebut.

Konten semacam ini disebut video Youtube original. Adanya cuma di platform Youtube Premium saja yang memang disediakan secara khusus kepada seluruh pengguna. Namun sayangnya, untuk platform semacam ini terkadang masih ada video-video yang sejatinya tidak pantas ditonton oleh remaja dan anak-anak.

3. Bisa Mendownload Video tanpa Aplikasi

Sebagian orang pasti suka menonton video Youtube. Namun terkadang terkendala dengan kuota ataupun jaringan sehingga mereka lebih sering menonton video secara offline. Ya tentunya mereka harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu untuk bisa melakukannya.

Nah, jika menggunakan Youtube Premium, penonton bisa langsung mengunduh dari situs tanpa harus mengunduh aplikasi downloader terlebih dahulu. Sehingga kapan pun ingin menonton video secara offline, maka bisa langsung diunduh saat itu juga dengan cara yang sangat mudah.

Kekurangan Youtube Premium

Sekalipun memiliki banyak keuntungan, platform Youtube Premium ternyata juga memiliki banyak kerugian. Nah, di bawah ini akan dijelaskan terkait kerugian-kerugian tersebut. Ini dia ulasannya yang bisa dijadikan sebagai informasi terlengkap bagi Anda:

1. Negara Pengakses Terbatas

Salah satu kerugian Youtube Premium di antaranya adalah tidak tersedia di seluruh negara. Menurut informasi terbaru platform ini hanya bisa diakses di 60 negara saja. Ada batasan negara untuk penggunaan platform sekalipun sampai saat ini negara yang adaptabel semakin terus bertambah.

Karena negara pengakses terbatas tentunya konten video yang diposting juga terbatas. Sebab, bahasa yang bisa dirubah tentunya yang memang memiliki akses ke jalur platform. Sedangkan negara yang tidak bisa mengakses tentunya fitur alih bahasanya tidak akan tersedia.

2. Biaya Berlangganan Cukup Mahal

Kerugian Youtube Premium yang berikutnya ialah harganya sangat mahal. Bahkan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya berlangganan situs video streaming Netflix yang juga terkenal. Ini yang membuat Youtuber lebih memilih menggunakan platform Youtube gratisan.

Informasi terbaru biaya berlangganan Youtube Premium sebesar $12. Sedangkan Netflix berada di kisaran di bawahnya. Ironisnya lagi pengguna platform ini tidak akan mendapatkan diskon sepeserpun sehingga harus berpikir ulang jika ingin menggunakannya.

3. Ada Beberapa Fitur yang Dihilangkan

Sekalipun terbilang platform yang mengusung fitur lengkap, tetapi ternyata ada fitur Youtube gratisan yang tidak tersedia di platform Youtube Premium. Salah satunya adalah lirik lagu serta ada beberapa deskripsi video yang tidak muncul di tampilan.

Tentunya ini masalah tersendiri yang tidak boleh disepelekan apalagi untuk penikmat yang harus membaca deskripsi terlebih dahulu sebelum menonton video sampai selesai. Ini yang membuat platform Youtube Premium kurang begitu diminati sekalipun seorang Youtuber profesional.

Demikianlah ulasan singkat tentang keuntungan dan kerugian platform Youtube Premium. Dengan adanya ulasan ini diharap para penikmat Youtube lebih memiliki gambaran yang jelas apa sesungguhnya platform Youtuber berbayar ini. Paling tidak supaya ada motivasi diri untuk menggunakannya atau justru meninggalkannya.