5 Kesalahan Fatal Pada Bisnis Online

Diposting pada

Dulu mungkin tak ada yang berpikir untuk mendapatkan keuntungan hanya dengan bekerja dari rumah, namun sekarang hal semacam ini tidak mustahil lagi untuk didapatkan.

Apalagi dengan hadirnya internet dan berbagai sarana pendukungnya, memungkinkan siapa saja untuk terjun ke dunia bisnis dan yang lebih menguntungkan lagi adalah modalnya bisa dari angka yang sangat minim, siapa yang tidak tertarik.

Mungkin bagi kamu yang memiliki masalah dengan latar belakang pendidikan kuang tinggi juga tak menjamin bisa bekerja dan mendapatkan income tinggi, namun dengan terjun ke dunia bisnis siapa saja bisa kaya.

Bisnis online kebanyakan memang diawali oleh mereka-mereka yang pandai dalam urusan IT, mengingat ada beberapa prinsip penting yang harus dipelajari layaknya SEO.

Tetapi saat ini bahkan jasa untuk optimalisasi portal usaha kamu sudah ditawarkan juga dengan harga cukup terjangkau, kurang apalagi coba.

Apakah sekarang modal yang menjadi masalah bagi Anda?, kalau begitu tak ada salahnya memanfaatkan akun jejaring sosial yang sudah dimiliki, semua orang bisa daftar akun ini secara gratis dan menjalin pertemanan dengan ribuan orang didalamnya. Orang-orang yang juga akan menjadi target market Anda.

Memulai bisnis dari tingkat terendah memang tak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk bisnis online ini, kerja keras mutlak dilakukan untuk optimalisasinya.

Kesalahan Fatal Pada Bisnis Online

Umumnya tak jarang juga diantara mereka yang kemudian memutuskan berhenti karena tak kunjung mendapatkan konsumen. Hal ini dikarenakan kesalah-kesalah fatal yang sering kali dilakukan, diantaranya adalah:

1. Tidak kreatif

maksudnya adalah sering kali meniru, padahal usaha yang anda tiru tersebut justru menjadi ancaman terbesar bagi bisnis yang akan Anda geluti.

Seperti yang diketahui bahwa manusia cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi, mereka lebih suka pada sesuatu yang unik dibandingkan dengan yang mainstream, jadi saat kamu mencoba untuk menawarkan produk buatlah yang paling unik, karena selain bisa meningkatkan rasa ingin tau calon target market juga dapat meminimalisir ancaman kompetitor.

2. Tak memiliki semangat juang

Mengalami kerugian pertama dan sudah jera tak mau melanjutkan bisnis tersebut lagi karena takut rugi lagi. Cobalah sekali-kali dengarkan apa yang pernah pepatah katakan bahwa kegagalan kemenangan yang tertunda.

Jadikan kegagalan tersebut sebagai proses pembelajaran agar Anda tak melakukan kesalahan yang sama lagi, bukan justru malah ikut mundur.

3. Tak ada inovasi

Meskipun jenis produk yang kamu tawarkan sudah unik dan tak ada bedanya, namun jangan ragu juga melakukan inovasi mengingat konsumen akan bosan jika selalu disajikan dengan sesuatu yang sama tiap harinya.

4. Harga selangit

sebagai pengusaha memang Cuma diri sendirilah yang bisa mematok harga, tetapi juga ingat bahwa ada orang lain atau kompetitor yang menjadi saingan, saat kamu menawarkan dengan harga yang jauh lebih tinggi dari mereka, siap-siap saja semua konsumen akan lari pada toko kompetitor.

5. Kurang dalam melakukan marketing

Untuk bisnis yang dijalankan secara online, hal-hal yang berbau promosi seperti dari mulut ke mulut sudah tak berlaku lagi karena netizen bisa dari mana saja dan juga saling tak kenal, akan lebih baik menerapkan strategi yang senantiasa mengikuti perkembangan zaman atau up to date.

Hanya mengandalkan satu sarana, misalkan saja hanya web atau blog, padahal selain itu masih ada puluhan media sosial yang bisa kamu daftarkan diri dan secara langsung tergabung disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *